5 Alasan Anda Harus Berjualan di Instagram


Jika ada Social Media Facebook yang sudah menjadi channel wajib untuk online marketing, sekarang Social Media berbasis foto yaitu Instagram mulai dijadikan channel wajib marketing online bagi setiap toko online.

Dengan pertumbuhan user yang naik secara signifikan, membuat jualan online di Instagram masuk dalam Strategi Pemasaran Media Sosial bagi hampir seluruh lapisan skala usaha.

Mengapa anda HARUS mulai berjualan online
di Instagram?


1. GAMBAR ADALAH CERITA!

‘Satu Gambar Dapat Menceritakan Segalanya‘

Istilah tersebut sangat benar! Pada dasarnya, 90% informasi yang diproses oleh otak manusia adalah informasi dalam bentuk visual atau gambar.

Jadi melalui gambar, informasi yang dapat anda berikan juga lebih mudah dipahami oleh otak manusia.
Berbeda dengan Social Media lainnya yang mengutamakan Konten berupa teks.
Instagram sangat menonjolkan konten berupa Gambar yang membuat para pengguna tidak mudah lelah ataupun bosan.

Anda juga dapat menambahkan Caption yang menarik sebagai deskripsi / tambahan informasi dari Postingan Gambar anda. Dengan keunggulan berkomunikasi dengan gambar, menjadi alasan yang paling kuat mengapa anda harus jualan online di Instagram.

2. TEMPAT BERKUMPULNYA ANAK MUDA YANG TECH-SAVVY.

Jika anda menjual produk untuk anak muda yang aktif di social media dan melek teknologi, tentu Instagram adalah tempat yang sangat tepat. Karena mayoritas pengguna Instagram berumur 18 – 29 tahun.
Tentu, rentang umur tersebut adalah umur yang tergolong tech-savvy dan lebih sering berbelanja online dibanding umur diluar rentang tersebut.
Jika target pasar anda adalah anak – anak muda, Instagram menjadi alasan mengapa anda harus berjualan online di instagram.

3. TARGET MARKET = ANAK MUDA MENENGAH KE ATAS.

Alasan ini sangat penting jika anda mempunyai produk yang memiliki harga relatif tinggi. Karena pada awalnya, pengguna Instagram adalah pengguna iPhone. Pengguna iPhone dapat diasumsikan adalah kalangan menengah ke atas, tentu harga produk yang anda jual pun tidak menjadi masalah.
Dengan menggunakan foto produk berkualitas tinggi dan jelas, pengguna Instagram merasa produk yang anda jual memiliki value atau nilai lebih.
Jadi, menetapkan harga yang relatif tinggi tidak menjadi masalah jika anda berjualan di Instagram.

Sedikit berbeda jika anda hanya fokus menjual produk anda ke e-Commerce yang sangat sensitif terhadap harga. Karena dapat membantu anda untuk menghindarkan produk anda dair perang harga, itu dia alasan mengapa anda harus jualan online di instagram.
tambahan :
Saat ini pengguna Instagram sudah bukan hanya ANAK MUDA, tapi merambah DEWASA MUDA, DEWASA, dan DEWASA LANJUT dimana pada usia seperti itu, tingkat daya belinya lebih tinggi. Cocok sekali untuk menjadi Target Market yang menggiurkan.

4. INTERAKSI & ENGAGEMENT YANG TINGGI DARI CUSTOMER.

Menurut riset, pengguna Instagram lebih mempunyai hubungan atau interaksi yang lebih tinggi daripada pengguna Facebook.

Dikarenakan konten yang ditonjolkan adalah berupa visual dengan tampilan yang simple, membuat pengguna Instagram lebih mudah berinteraksi. Tidak heran jika banyak produk atau konten foto yang cepat viral melalui Instagram.

5. TEMPAT PARA CUSTOMER YANG LOYAL MEMPROMOSIKAN PRODUK ANDA DENGAN MUDAH (ENDORSEMENT)

Banyak dari para pengguna Instagram merekomendasikan sebuah produk dengan cara memposting foto sambil menggunakan sebuah produk.

Apalagi jika anda mempunyai sebuah produk yang unik atau lucu yang instagrammable banget untuk diposting. Pelanggan anda pasti tidak sungkan untuk memposting foto bersama produk anda.

Pelanggan pun akan mendapatkan likes dari followers-nya karena memposting foto yang lucu dan secara tidak langsung, produk anda sudah dipromosikan secara gratis.



Apakah anda sudah memulai berjualan online di Instagram?
Jika belum, mulailah dari sekarang membuat Strategi Instagram Marketing karena potensi berjualan di Instagram sangatlah besar.

Bagaimana dengan alasan anda yang sudah mempromosikan produk anda di Instagram?

Comments

Popular Posts