5 Cara Cegah Follower Instagram Berkurang


‘Followers IG Berkurang, Kenapa Ya?‘

Karena bagi hampir seluruh pengguna Instagram (IG), jumlah followers atau pengikut adalah salah satu hal yang menjadi pusat perhatian.

Mungkin, hampir seluruh pengguna Instagram sepakat jika sebuah akun Instagram memiliki jumlah followers yang banyak, bisa membuat akun tersebut ‘terlihat‘ lebih kredibel dan lebih terpercaya oleh calon pembeli.

Tetapi, salah satu masalah dalam Strategi Instagram Marketing adalah sering kali Followers Instagram Berkurang secara perlahan. Bagaimana cara cegah Followers Instagram Berkurang? Ini dia Tips Agar Followers Instagram Tidak Berkurang!

Tips Cara Agar Followers Instagram Tidak Berkurang

Hindari Postingan Secara Berulang, Selalu Berikanlah Postingan Yang Baru & Fresh

Cara agar followers Instagram tidak berkurang satu ini intinya adalah selalu berikanlah konten – konten yang baru dan fresh ke followers anda. Jika anda masih sering memposting sebuah foto yang sama dengan terus menerus, membuat para Followers anda ‘jenuh‘ terhadap postingan anda dan merasa terganggu.

Karena merasa terganggu dengan postingan anda yang selalu sama setiap hari atau setiap saat, mereka memutuskan untuk unfollow akun Instagram anda.

Jika anda memang tidak mempunyai banyak stok foto untuk produk / jasa anda. Anda dapat menyiasati dengan cara mengambil foto produk anda dengan angle /sudut foto yang berbeda dan latar yang berbeda. atau Hapus foto-foto yang sudah lama dan upload kembali dengan menghadirkan caption yang lebih menarik yang tidak monoton.

Hal ini agar mengurangi sedikit efek ‘bosan‘ dan ‘jenuh‘ followers anda melihat postingan anda yang sama terus menerus. Tentu, tips ini lebih baik dibanding anda memposting dengan satu foto yang sama terus menerus.

Anda juga bisa menyiasati dengan memposting foto / video yang masih berhubungan dengan usaha online anda

Misalkan anda penjual Alat & Aksesoris Bulu Tangkis.
Anda dapat sesekali memposting tentang trend / topik viral yang berkembang tentang bulu tangkis, profile pemain bulu tangkis hingga teknik bermain bulu tangkis dengan foto – foto / video yang didapatkan dari website lain (Jangan lupa selalu cantumkan sumber foto untuk etika & menghormati yang mempunyai gambar!).

Jangan jadikan keterbatasan foto produk anda menjadi alasan utama mengapa Followers Instagram anda selalu berkurang!

Hindari Memposting Beberapa Gambar Dengan Jeda Yang Sangat Cepat

Hasil gambar untuk stop spam
Source Photo : www.businessknowhow.com
Pengguna Instagram tentu sangat memerhatikan ‘kerapihan‘ pada masing – masing timeline / newsfeed mereka. Bagaimana jika anda melihat newsfeed atau timeline anda dipenuhi oleh banyak sekali foto dari satu akun saja? Tentu tidak suka bukan? Mungkin karena teman, bisa jadi anda mentolerir.

Bagaimana jika anda adalah akun jualan? Pastinya akun anda akan di unfollow karena menganggu kenyamanan aktifitas Instagram mereka.

Memposting beberapa gambar dengan jeda yang sangat cepat bisa dikategorikan dengan Spam. Selain buruk terhadap jumlah followers anda, aktifitas spam tersebut juga bisa akun anda di ‘warning‘ oleh Instagram. Mulai dari suspend hingga mematikan akun jualan anda.

Hindari Memposting Foto Yang Tidak Relevan / Sesuai Dengan Bisnis Produk / Jasa Anda

Ketertarikan seseorang untuk memfollow akun Instagram anda adalah dimulai karena mereka mempunyai ketertarikan atau kesamaan interest dengan tema bisnis produk / jasa anda.

Seseorang yang memfollow sebuah akun sudah pasti mempunyai ekspektasi terhadap postingan akun tersebut.

Seperti contoh, jika anda adalah orang yang menyukai permainan bulutangkis. Lalu anda melihat sebuah akun Instagram yang membahas tentang bulutangkis, tentu anda bisa jadi tertarik untuk memfollow akun Instagram tersebut. Anda juga berharap / mempunyai ekspektasi dengan memfollow akun tentang bulu tangkis tersebut, anda akan mendapatkan informasi – informasi yang menarik / bermanfaat tentang bulu tangkis.

Tetapi, bagaimana jika ternyata akun tersebut tiba – tiba selalu memposting tentang Tinju? Tentu anda akan merasa ‘Akun ini kok jadi gak jelas?‘ dan anda pun akan meng-unfollow akun tersebut karena sudah tidak jelas.

Oleh karena itu, cara agar followers anda tidak berkurang satu ini mengingatkan anda betapa pentingnya memposting foto / konten yang sesuai dengan tema bisnis anda. Boleh saja sesekali anda memposting konten yang tidak relevan terhadap produk / jasa anda untuk meningkatkan interaksi dengan followers anda.

Tetapi, sebisa mungkin, apapun yang anda posting haruslah sesuai atau masih nyambung dengan bisnis anda.

Hindari Membeli Followers

Membeli followers dan menggunakan Teknik AutoFollow secara gratis memang dapat meningkatkan jumlah followers anda secara sekejap. Tetapi, dalam sekejap juga followers anda dapat berkurang secara drastis hingga kembali menjadi normal.

Hal ini disebabkan karena followers yang anda beli atau follow adalah bot ataupun akun – akun palsu. Akun – akun bot atau akun palsu sekarang sudah mulai diberantas oleh Instagram demi kenyamanan seluruh pengguna Instagram. Jadi pada akhirnya, anda hanya membuang waktu & uang saja untuk melakukan hal tersebut.

Lagipula, tidak mungkin anda mendapatkan followers yang berkualitas dengan cara membeli followers.

Membangun followers yang berkualitas sangat dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika follower IG anda berkurang dengan drastis dan cepat, bisa jadi followers IG anda memang dipenuhi akun bot atau akun palsu karena beli followers instagram maupun teknik auto follow.

Bangunlah Interaksi Dengan Followers Anda

Membangun Interaksi dengan followers anda adalah hal yang wajib dilakukan.

Interaksi bisa berupa menjawab pertanyaan / balasan comment dari followers hingga sebuah kalimat yang menunjukkan kepedulian anda dengan followers anda. Seperti menanyakan kabar followers hingga membuat mini games untuk followers anda.

Contoh, jika anda penjual alat bulu tangkis, anda dapat menanyakan para followers anda dengan ‘Apakah kalian sudah bermain Bulu Tangkis minggu ini?‘ atau ‘Tag Partner Bulu Tangkis Kalian!‘. Anda juga dapat membangun interaksi dalam berupa survey, seperti ‘Model Raket Bulu Tangkis Apa Yang Kamu Suka?‘.

Hal – hal simple seperti itu dapat membangun interaksi terhadap followers anda dan meningkatkan loyalitas & trust followers anda terhadap akun anda. Tidak sedikit Instagram Marketer yang menghiraukan sebuah interaksi dari Followers mereka. Padahal cara agar followers Instagram tidak berkurang satu ini sangat mudah dilakukan & dipraktekan.

Konsisten!

Source : http://www.mrpreneur.org/


Konsisten adalah hal yang terlihat simple tetapi sulit untuk dilakukan. Banyak para pelaku usaha yang secara tiba – tiba berhenti dalam hal memposting dikarenakan banyak hal, mulai dari kehabisan stok foto hingga sibuk menangani operasional bisnisnya.

Padahal, tidak sedikit para pengguna Instagram yang sering mengecek following mereka dan mengunfollow akun yang dianggap sudah tidak aktif lagi. Jadi, jika follower IG berkurang bisa jadi karena kurangnya konsistensi anda memposting di Social Media Instagram.

Jika anda memang tidak dapat mengurus akun Instagram anda dikarenakan sibuknya mengurusi operasional bisnis anda. Anda dapat menggunakan beberapa tools gratis yang dapat anda cari untuk menjadwalkan postingan instagram anda secara otomatis.

Tips agar followers instagram (IG) tidak berkurang satu ini memang dibutuhkan motivasi dan niat yang cukup kuat. Pastikan anda selalu memiliki target – target dalam Strategi Pemasaran Media Sosial yang dapat selalu memotivasi anda.

Jadi jika anda sebelumnya mempunyai pertanyaan, Mengapa Followers Instagram (IG) Berkurang? Maka anda dapat mengikuti 6 tips agar followers instagram anda tidak berkurang secara drastis.

Karena salah satu usaha mempertahankan loyalitas followers termasuk dalam bentuk Strategi Digital Marketing setiap usaha bisnis online.

Apakah anda mempunyai cara agar followers IG tidak berkurang? Yuk share jawaban kalian di kolom komentar dibawah ya :)

Comments

  1. Aku mau Tau, kalo instagram aku Tiba Tiba berkurang dari 1666 jadi 1659, Dan selalu begitu setiap Ada yang follow trus followers aku bertambah. Eh setiap mencapai 1668 pasti langsung berkurang. Balik lagi ke 1659. Itu kenapa ya? Punya Cara buat balikin lagi ke semula? Mungkin Ada yang bisa Bantu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Tpi itu karna yg follow kita nge-unfollow lagi. Emng pada gitu, jdi mereka tuh maunya kita nge follow mereka, tpi ga mau follbck

      Delete
  2. Punya ane turun drastis-, dari 20k sekarang tinggal 16k. Ada yg tau kenapa?

    ReplyDelete
  3. This is a brilliant blog! I'm very happy with the comments!.. you can buy Instagram followers

    ReplyDelete
  4. Buat kalian yg merasa sering drop followersnya gua punya saran coba kalian ganti username sama password Instagram kalian insyaallah followers tdk akan berkurang lagi....klw masih berkurang coba di nonaktifkan instagram kalian selama 1 sampai 2 hari dgn catatan username dan password Instagram kalian sudah di ganti ......silahkan mencoba....

    ReplyDelete
  5. Kalau followers kita kebanyakan bot,cara supaya tidak berkurang kekmna ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts